Monday 16 June 2014

aku (mau) ikut lomba cerpen fikfan juni 2014

Akhirnya lomba itu muncul lagi. Setelah dinanti-nanti soal  cerbul juni 2014 pun keluar. Soalnya adalah :


Buatlah cerita dengan protagonis cerita adalah makhluk dengan tinggi badan 20-100 meter!

Wah,   ini sangat diluar dugaan. Sejujurnya aku lebih suka dengan protagonis manusia berukuran manusia biasa. Namun ini berarti sebuah tantangan. Bisakah aku membuat cerpen fikfan untuk menjawab soal itu?

Akupun langsung mencari di google. Benda apa yang tingginya 20 sampai 100 meter, untuk bayangan, supaya mudah membuat ceritanya.

Ternyata tinggi monas adalah 132 meter, aku sendiri belum pernah ke monas. Maklum orang udik.
Berarti monas over height, tapi bedanya hanya sedikit. Jadi andai protagonis 100 meter dan melompat, maka monas akan terlompati. Atau bila protagonis berbentuk manusia raksasa dan  ingin menjangkau puncak monas, maka tangannya akan sampai.

Berikutnya dari  hasil googling ada gedung 100 lantai setinggi 500 meter. Artinya satu lantai tingginya 5 meter. jadi tokoh yang aku buat tingginya berkisar gedung 4 lantai sampai 20 lantai.

Lalu jika manusia membuat menara vertikal ? berapa orang yang dibutuhkan untuk mencapai 20 meter. jika tinggi bahu 165 maka sekitar 12.12 atau 13 orang yang benjenjang menginjak bahu.

Meski di kampungku tidak ada gedung berlantai 4 setidaknya aku bisa membayangkan tinggi 20 meter itu.

Kalau pohon kelapa bagaimana? atau pohon durian? terus terang, karena belum pernah kuukur jadi aku tidak bisa menjawab.


Setelah dapat bayangan/perkiraan tinggi 20-100 meter, apa yang selanjutnya ku lakukan?

Harus ku tentukan dulu, protagonis adalah makhluk seperti apa? Apakah makluk legenda seperti buto ijo, naga dan lain-lain? Atau makhluk rekaan sendiri?

Dan sungguh, diantara makhluk legenda, tidak ada makhluk besar yang menjadi favotirku untuk kujadikan protagonis. 

Hmm, jadi bagaimana?

Mungkin akan lebih mudah bila makhluk besar itu adalah alien. Oke, ini saja. Alien! Bagaimana dengan bentuk fisiknya? Apakah sama seperti manusia atau berbeda? Bentuk fisik dan kemampuan nanti dulu, yang jelas aliennya tinggi besar sesuai kriteria soal.

Lalu ceritanya?
Kubuat saja cerita sederhana tentang pengejaran alien jahat oleh alien baik, melintasi berbagai galaksi hingga sampai ke bumi. lalu terjadi pertempuran, bumi porakporanda, yang jahat kalah dan yang baik menang. (Mungkin) kembali lagi ke planet asal, selesai! Kalau bisa akan aku buat twist, kalau tidak bisa, ya sudah cerita sederhana saja.

Jadi sekarang aku kumpulkan data seperti galaksi, jarak dan kecepatan  untuk memperkirakan waktu perjalanan , alat transportasi antar planet, juga warp, lubang cacing dll. aku butuh data dan untuk itu, aku akan mencarinya dg google.

Ups. tentu saja, di bumi bagian mana yang jadi TKP, dan seting waktunya, harus aku tentukan dengan cermat, supaya jalan ceritanya masuk akal.  Googling lagi.

Well, saatnya hunting dan menulis.

Semangat!

No comments:

Post a Comment