Monday 2 June 2014

ku ingin terus menulis

Ketika menonton film yang mengisahkan J.K. Rowling, ada yang sangat berkesan bagiku. Yaitu saat adiknya bertanya apa yang membuatnya bahagia, ia menunjukkan draf Haryy Potter jilid I dan draf Ending untuk Jilid 7. Yang ditunjukkan J.K.R. adalah  hasil tulisan tangan! Beratus lembar tulisan tangan, dapat dibayangkan perjuangannya dalam menulis itu. Perjuangan pun berlanjut hingga kontrak penerbitan sampai film.

Yang aku garis bawahi adalah, ternyata JKR merasakan bahagia dengan menulis.

Bagaimana denganku?

Saat menonton film itu, aku jadi terkenang di zaman aku menuliskan isi hatiku pada buku besar ukuran double folio yang ku sebut diary kala masih SMA dulu. (Sayangnya telah kubakar untuk membuang kenangan). Ada rasa lega yang aku dapat usai menulis.

J.K.R. mempertahankan rasa bahagia itu dengan dan terus menulis.

Tapi kenapa aku tidak?

Bukankah setelah berhasil menyelesaikan cerpen perdana dan menekan tombol "send" aku merasakan kepuasan? Aku tidak peduli bagaimana tanggapan orang tentang cerpenku itu. (Atau mungkin terlalu takut untuk menerima kritik?). Namun yang jelas, aku merasa bahwa itu adalah langkah pertamaku masuk ke rimba penulisan. Tak sabar rasanya untuk ikut lomba utk bulan Juni 2014 ini.
Kalau memang menulis dapat melegakan hatiku, aku harus terus menulis!  
Dan harus selalu kuingat. rasa lega itu bukan ketika menulis, namun rasa lega itu aku dapatkan usai  menulis. Karena saat menulis, yang ada adalah suntuk, mandeg, capek/letih, keringatan, pegal dan lain-lain. Namun semua itu akan terbayar dengan kepuasan usai menulis.

Jadi sekarang aku harus terus menulis dan menulis. 

Masih ada dua minggu lagi sebelum lomba dibuka. Aku bisa melanjutkan lagi proyek novelku. Cerita  fikfan yang mengambil setting bumi masa depan, dengan kondisi alam dan basis teknologi yang berbeda dari masa kini. Lalu ada kemampuan super para tokoh-tokohnya. Dan yang pasti, tidak ada mantra,  hantu, ataupun makhluk dongengnya.

Terlepas dari orang akan suka atau tidak, aku akan pasti akan merasakan kelegaan setelah menyelesaikannya.

Semangat!

No comments:

Post a Comment